Minggu, 27 September 2009

MAKSIMALKAN WAKTU LUANG ANDA DI KANTOR

Apa yang anda lakukan apabila anda sedang tidak ada kerjaan di kantor,duduk saja menunggu waktu pulang tiba,atau mengerjakan sesuatu yang lain?kalau anda memilih mengerjakan sesuatu yang lain berselancar di dunia maya,bergosip atau mungkin tidur di meja kerja atau di ruang lain di kantor anda dapat menjadi sebuah pilihan bagi anda.Tapi tahukah anda bahwa hal seperti itu dapat membuang pikiran dan waktu luang berharga anda?untuk dapat lebih memanfaatkan waktu luang anda,ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.berikut tips untuk memanfaatkan waktu luang anda di kantor anda.
1.) Pahami Apa Yang Sebenarnya Terjadi
Mari Jujur kepada diri kita sendiri.
Apakah Anda benar-benar memiliki waktu luang atau hanya sekedar menunda pekerjaan saja? bila memang sedang dalam tekanan pekerjaan cobalah bangkitkan semangat pada diri Anda.Buatlah daftar apa yang harus dilakukan.bagi-bagi tugas yang sudah dalam daftar ke dalam sub-sub tugas yang sudah diurutkan.
Namun,apabila Anda memang benar-benar memiliki waktu luang karena sudah tidak ada lagi tumpukan pekerjaan,jangan berpuas diri dulu.Ini bukan penghargaan yang Anda terima atas pekerjaan yang sudah dilakukan.
jangan terjebak dalam kenyamanan menikmati waktu luang di tempat kerja.Tetaplah lakukan hal yang berguna,meski atasan belum memberi penugasan baru.Tanamkan dalam diri,bila Anda telah memanfaatkan fasilitas perusahaan demi pengembangan karier dan pribadi.
2.) Tetap Tanamkan Ambisi
Ada dua pilihan yang dapat diambil ketika menentukan apa yang akan dilakukan untuk mengisi waktu luang.Teteplah coba meraih ambisi,atau justru lupakan sejenak ambisi Anda.
Satu hal yangpenting diingat,Bila Anda menyukai suasana kerja,pertemanan,bahkan perusahaan tempat Anda bekerja saat ini,sebaiknya Anda lakukan hal yang berguna bagi perusahaan.Tetap berikan yang terbaik,Meski Perusahaan sedang tidak menekan Anda.Tanyakan kepada orang-orang sekitar,apakah yang bisa Anda lakukan.
Bersikaplah penuh inisiatif daripada menunggu.Ini penting untuk mengasah pengetahuan dan keahlian.Anda mungkin bisa membantu teman dari divisi lain untuk membantu tugasnya.Tanpa disadari,Anda telah pengalaman baru yang kelak nanti berguna bagi Anda di kemudian hari.
3.) Tunjukkan dedikasi tinggi
Tak harus melakukan hal-hal besar untuk memanfaatkan waktu luang di tempat kerja.membaca artikel-artikel secara online,mengatur kembali file lama,me-review pekerjaan yang sudah lalu,mengumpulkan ide untuk pekerjaan yang akan datang,menguji kemampuan Anda dalam mengoperasikan komputer,dan sebagainya dapat dilakukan dalam waktu luang Anda.
Online di waktu luang dengan rekan di dunia maya juga bisa Anda lakukan dengan penuh dedikasi penuh pada pekerjaan.Anda bisa berdikusi dengan rekan grup diskusi yang memiliki minat sama.
Namun,bila perusahaan tempat Anda bekerja sedikit rewel dengan jatah berinternet,batasi waktu Online Anda.Jangan berselancar berlebihan di dunia maya.Tetapkan 2-3 grup diskusi saja yang bisa Anda ajak berbagi dan sesuaikan dengan pekerjaan intinya,manfaatkan semaksimal mungkin waktu luang Anda.
4.) Cari Peluang Di Tempat Lain
Bila Anda merasa tak cukup bahagia dengan kondisi perusahaan Anda,sehingga malas melakukan sesuatu untuk perusahaan Anda,mungkin inilah saatnya Andauntuk mencari peluang di tempat lain.
Cari tahu apa yang dibutuhkan dari pekerjaan yang sedang diincar.Cocokkan dengan keahlian Anda sekarang.Cari tahu pula kemana Anda harus melayangkan aplikasi dan bagaimana reputasi perusahaan yang sedang Anda incar.Namun ingat,jangan lakukan upaya ini dengan fasilitas perusahaan sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar