Kamis, 08 Oktober 2009

Sedikit tips merawat gitar

http://www.bombayharbor.com/productImage/0028606001167296005/Electric_Guitar.jpg
Saat ini banyak orang yang lebih memilih gitar sebagai alat musiknya. Beberapa dari mereka bilang karena mudah dibawa-bawa, mudah mempelajarinya, dan harganya yang ekonomis. Selain itu, pada awalnya memainkan sebuah gitar dianggap sebagai hal yang sangat mudah. Tetapi, menguasainya merupakan hal yang sangat sulit. Kesederhanaan dan kesulitan yang dimiliki gitarlah yang membuatnya menjadi alat musik paling populer.

Banyak orang yang mahir dalam memainkan gitar. Tapi, pada kenyataannya masih banyak yang belum mengerti bagaimana menjaga suara sebuah gitar dan cara yang baik untuk merawatnya.
Adapun tips untuk merawat gitar:
1. Bersihkanlah senar gitar Anda. Para peneliti beranggapan bahwa saat bermain gitar, tanpa disadari manusia mengelurkan keringat cukup banyak dari tangganya. Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Hal ini jarang disadari para gitaris.Oleh karena itu,Anda harus lebih sering dalam membersihkan senar pada gitar Anda,paling tidak seminggu sekali.
2. Lihatlah gitar Anda, apakah terdapat banyak kotoran pada setiap permukaan yang dibatasi tiap fret-nya (fretboard). Itu disebabkan setelah bermain, senar gitar Anda terkena keringat Anda, juga kotoran, debu, dan lain-lain. Apabila Anda tidak rajin membersihkan senar, juga akan timbul karat pada senar yang menyebabkan suara menjadi tidak bagus (sumbang/fals).
3. Senar gitar dapat dibersihkan dengan cara diusap secara perlahan dengan bahan kaus yang lembut. Bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik. Bersihkanlah senar gitar Anda di seluruh bagian senar.
4. Selain membersihkan senar gitar, Anda juga perlu mengendurkan senar gitar bila tidak dipakai lama. Ini bertujuan agar neck gitar Anda tidak melengkung. Senar gitar yang disetel adalah tali yang ditegangkan, dan penegangan ini akan menarik dua sisi yang menegangkan. Pada gitar, tarikan akibat ketegangan ini bisa membengkokkan neck, walau kemungkinannya kecil.
5. Meletakkan gitar yang benar adalah ,meletakannya dengan posisi telentang,dengan bagian neck bersenar menghadap ke atas. Biasanya, setelah memainkan gitar, orang akan meletakkan gitar berdiri, yakni posisi ujung neck bagian atas ditempelkan di dinding atau diletakkan miring di lantai. Hal ini sangat tidak baik untuk gitar karena akan membuat neck bengkok perlahan-lahan. Bila Anda memiliki studio atau panggung pertunjukan yang berisikan alat-alat musik, ingatkan kepada segenap pemain Anda agar meletakkan gitar dengan baik dan benar.
6. Sebagian besar pemain gitar (gitaris) mendambakan kalau gitarnya mengkilap.Untuk membuat gitar mengkilap, cukup dilap dengan bahan kaus, baik badan gitar, neck, senar, dan seluruh bagian gitar. Untuk bagian pick-up di bawah senar yang agak susah dibersihkan debunya, bisa menggunakan kuas cat.
7. Jika senar Anda sudah berkarat, maka gantilah. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suara gitar menjadi sangat jelek, dan merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari kita juga bisa sakit. Dan apabila senar itu putus dan kemudian melukai tangan kita,itu juga dapat menjadi suatu risiko bagi kita.
8. Biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus, 6 buah. Hal ini untuk mencegah perbedaan warna suara di antara senar baru dan senar lama. Jadi, bila senar Anda sudah lama dan putus salah satunya,Sebaiknya Anda mengganti seluruhnya satu set.
9. Freatboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari. Jika dibiarkan terlalu lama, akan mengeras. Setiap Anda mengganti senar, sekalian bersihkan freatboard-nya dengan pick gitar, lalu usap dengan bahan kaus secara perlahan-lahan.
10. Jangan pernah membanting atau menjatuhkan gitar Anda karena akan mempengaruhi kualitas suara dan badan gitar.

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang bagaimana cara merawat gitar yang baik dan benar,semoga dapat
berguna bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar