Sabtu, 03 Oktober 2009

TIPS DAN INFORMASI

6 Larangan setelah makan

M
enjaga kesehatan tidakl hanya terpaku pada memperhatikan jenis makanan.Lebih dari itu,Anda harus memperhatikan jenis makanan.Lebih dari itu,Anda harus memperhatikan apa saja yang harus ditinggalkan setelah makan.
  • MEROKOK
Coba Anda bayangkan! merokok saja sudah merusak tubuh apalagi jika Anda melakukannya setelah makan.Menurut penelitian,menghisap satu batang saja setelah makan sama saja dengan merokok 10 batang pada saat tidak setelah makan,oleh karena itu kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.
  • MAKAN BUAH
Selama ini orang salah persepsi tentang hal yang satu ini.Kebanyakan orang makan buah setelah makan dianggap sebagai tradisi dan mereka meyakini buah sebagai pencucci mulut.Padahal,mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut kembung.Tapi bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi buah.Hanya saja waktunya harus disiasati dangan jeda 1-2 jam setelah makan.Dan jangan Anda mengkonsumsi buah satu jam sebelum makan,ini akan membuat perut Anda kenyang dan makan tidak terlalu banyak.
  • MINUM TEH
Menurut penelitian,daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi.Hal ini menyebabkan protein dalam makanan sulit dicerna.Selain hal itu,minum teh setelah makan dapat menyebabkan hamvatanterhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 %.Padahal,seperti yang kita ketahui,zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.
  • MENGENDURKAN IKAT PINGGANG
Inilah hal sederhana tapi seringkali dilakukan.Mungkin maksud Anda supaya makanan yang masuk bisa lebih banyak dan Anda merasa sedikit nyaman ,tapi tahukah Anda bahwa mengendurkan ikat pinggang menyebabkan usus terbelit dan terblokir.
  • MANDI
Walaupun tidak banyak orang yang melakukunnya dan hanya sebagian kecil dari kita,terkadang ada saja orang yang berpikir untuk mendi setelah makan.Pada pagi hari kebanyakan orang tersebut memilih makan dahulu baru sehabis itu mandi.Padahal,mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan,kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut terus berkurang.Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan dalam perut.
  • BERJALAN-JALAN
Salah satu yang harus Anda hindari adalah berjalan-jalan setelah makan.Pernahkah Anda mendengar cerita bahwa orang yang sedang mengikuti lomba gerak jalan maupun lari marathon tiba-tiba muntah di tengah jalan? Itulah alasannya mengapa Anda tidak boleh berjaan-jalan setelah makan.Berjalan-jalan akan menyebabkan sistem pencernaantidak mampu menyerap nutrisi makanan yang Anda makan.
itu saja dari saya mudah-mudahan tips ini bisa sermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar